Jururejo.Ngawikab.Id_ Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngawi menyampaikan rekapitulasi keaktifan update konten website desa melalui forum operator website desa, Senin (01/02). Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngawi beserta FORWEBSA (Forum Operator Website Desa) mulai awal tahun 2021 gencar melakukan sosialiasasi tentang pentingnya media sebagai sarana publikasi, informasi dan promosi desa. Noor Soemadijo, selaku Kasi Pengembangan Ekositim Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi adalah motor utama penggerak keaktifan dari operator website desa di Kabupaten Ngawi. Tidak tanggung-tanggung target yang ingin dicapai seluruh desa di Kabupaten Ngawi agar menjadi Desa Digital. Untuk itu berbagai upaya dilakukan salah satunya berupa fasilitasi pelatihan bagi operator website desa.

Bukan hanya itu saja bahkan untuk tahun 2020, Dinas Kominfo telah memberikan apresiasi terhadap desa-desa yang telah berperan aktif dalam mengoptimalkan informasi desa melalui lomba website desa. Berlaku juga di tahun ini Dinas Kominfo juga akan mengadakan even lomba website desa, namun dengan kriteria penilaian dan kategori yang berbeda.

” Data ini hanyalah resume berdasar frekuensi/ jumlah posting bagi operator-operator web. desa, bukan rujukan untuk menentukan pemenang lomba web. desa ke depan. Karena kita tidak lagi menggunakan skema yang sama dengan tahun 2020. Kominfo lebih mengutamakan BOBOT narasi (penulisan,materi,diksi dsb) dan ORIGINALITAS penulisan sebagai maha karya panjenengan. Originalitas dengan tidak banyak melakukan copast itulah narasi yang kita apresiasi” Ungkap Noor.

Peran aktif juga dilakukan oleh FORWEBSA Kabupaten Ngawi yang ikut mendampingi kegiatan pelatihan-pelatihan yang di selenggarakan. Dengan bantuan komunitas yang digawangi oleh Arbangi tersebut website desa di Kabupaten Ngawi terlihat ada peningkatan yang signifikan dibanding tahun lalu.

“Target kami tidaklah tinggi, operator website desa tau cara buat konten, edit dan upload foto tentang informasi desa dan terpenting 213 Desa di Kabupaten Ngawi sudah aktif akan website desa” Arbangi Ketua Forwebsa.

Pada bulan Januari ini hasil rekapitulasi keaktifan update konten website desa terlihat meningkat terbukti banyak desa yang sudah mulai aktif dalam posting berita. Berikut hasil rekap terbanyak posting konten (level 5) di tingkat Kabupaten :

1    Dero              153

2    Sambiroto    58

3    Grudo.      47

4    Brangol    45

5    Cangakan    42

6    Jururejo    29

7    Randusongo    28

8    Ngancar    25

9    Kiyonten    22

10    Watualang    21

11    Legundi    21

12    Rejuno                21

Share and Enjoy !

Shares