JURUREJO.NGAWIKAB.ID,_ Ditengah kemajuan teknologi pengolahan lahan pertanian yang semakin maju menggunakan teknologi mesin, banyak inovasi terbaru di industri pertanian. Meski banyak alat bajak bermesin seperti traktor tidak membuat sebagian orang beralih dari bajak sawah.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat dalam bidang pertanian, bajak sawah kehilangan pesona dalam tatanan kerjanya. Bajak sawah semakin hari dikalahkan dengan Bajak sawah modern atau biasa disebut Traktor mesin. Traktor mesin adalah salah satu model Bajak sawah modern masa kini yang kian melambung tinggi, karena cara kerja traktor mesin sangat cepat dan tak perlu waktu la dalam proses pengerjaannya.

Dalam proses pengerjaannya traktor mesin hanya membutuhkan waktu 2 jam lamanya untuk membajak sawah. Sedangkan bajak sawah memerlukan waktu 3 hingga 4 jam untuk menyelesaikan tanah garapannya. Perbedaan waktu yang cukup jauh membuat bajak sawah jarang diminati oleh para petani.

Salah satu petani, pemilik bajak sawah Sugeng mengaku saat ini dirinya sudah jarang mendapat order dari petani di daerahnya. “Bajak sawah hanya laris disaat musim tanam padi, sedangkan traktor mesin jarang diminati saat musim tanam padi” Ungkap Sugeng

Harga penyewaan bajak sawah di pelosok desa terbilang murah hanya Rp. 200.000 hingga Rp. 250.000 dibandingkan dengan traktor mesin. “Tapi sekarang ini yang dibutuhkan dikalangan masyarakat desa hanyalah hasil dari garapan bajak tersebut, semakin bagus hasilnya maka akan semakin dipercayai para petani lainnya” Tutupnya

Share and Enjoy !

Shares